Sunday, June 29, 2014

Air Untuk Indonesiaku

Indonesia adalah negeri dengan beribu-ribu kepulauan, sehingga sebagian besar wilayahnya adalah perairan. Bangsa Indonesia dihubungkan oleh jalinan perairan dari sabang sampai ujung merauke. Dengan banyaknya pulau-pulau di Indonesia, maka budaya nya pun beragam. Namun perbedaan tersebut hendaknya dimaknai dengan positif, sesuai pedoman negara kita, "Bhinneka Tunggal Ika", berbeda-beda namun tetap satu jua!
Air merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan bangsa kita, air menjalin erat hubungan persaudaraan antara kita Bangsa Indonesia. Dari air gunung, hingga air laut mengalirlah darah kebangsaan dan kekayaan alam Indonesia. 


Beberapa siswa SDN Ngadas, di pegunungan Tengger sedang bermain air aliran dari sumber. Semenjak dibangunnya sistem aliran air sumber, kini aliran dan penyimpanan air dapat diatur dengan lebih baik. Kekayaan sumber air di salah satu desa di Pegunungan Tengger ini begitu melimpah sehingga mampu untuk menghidupi semua penduduk desa. 

Siswa SDN Ngadas di pegunungan Tengger sedang menyirami tanaman di dalam pot sekolah. Setiap siraman air bisa menjadi sumber kehidupan baik bagi manusia maupun tumbuhan. Dengan air yang bersih lahirlah kehidupan yang sehat dan lebih baik.

Seorang anak di Suku Asmat sedang mandi di sore hari di dekat tandon penyimpanan air tadah hujan. Air bersih begitu langka di SawaErma, desa terpencil di ujung timur Indonesia ini. Penyimpanan air tadah hujan merupakan ide yang cemerlang untuk mengatasi masalah air bersih di wilayah Asmat dan membawa kehidupan menjadi lebih sehat dan lebih baik.